Minggu, 02 Desember 2012

Anak Ayah


ANAK AYAH
O’iem Dos Santos


      Udara pagi ini sejuk sekali mugkin lebih sejuk dari hari kemarin ,kuambil cangkir lalu kutuangkan bubuk kopi, gula beserta air panas didalamnya ,rasanya sudah sangat lama aku tidak menikmati masa pagi ku ini padahal umurku masih belasan dan masih ingin bebas seperti teman temanku yang lain ,yang tak ada beban di akhir bulan dan tidak perlu susah payah untuk mencari sesuap nasi untuk dimakan.
     Ya inilah asam garam kehidupan ,siapa yang mau berusaha pasti akan bertahan ,sering sekali aku bertanya-tanya kepada Tuhan kenapa diumurku yang masih sangat muda ini aku sudah harus merasakan kerasnya kehidupan yang semestinya kurasakan ketika aku dewasa nanti.
Tiba tiba ayah datang dalam lamunan pagiku ini dan bertanya
  “Hilman, belum berangkat kau ?”
  “Belum yah”
  “kenapa kamu belum berangkat nak ?”
  “nanti yah, setelah kopiku habis pasti aku berangkat”
  “oh yasudah ayah berangkat dulu ya man”
  “iya yah”
beginilah kehidupan ku sekarang tak bisa santai sejenak lagi,tak seperti dulu saat masih bisa meminta kepada orangtuaku untuk membeli ini, itu, dan apa saja yang kusuka.
      tak tahu harus menyalahkan siapa tapi yang jelas sekarang ibuku sudah tek perduli lagi dengan kami, tak perduli dengan aku ,Ayah dan adiku shinta , disaat aku sedang sakit parah saja dia sama sekali tidak datang jagankan membiayaiku dan mengurusku, untuk menjenguku sebentar saja dia tidak mau, untung aku msh ada tabungan dari hasil narik angkotku dan sedikit uang hasil ayah ngojek untuk berobat diriku dan sedikit bantuan dari teman temanku.
    
***
      Matahari di pangkalan terik sekali padahal baru jam delapan, sudah biasa lah seorang supir angkot harus berpanas panasan.
  “Man ,lo mau narik ga ?” Tanya temanku jono yang seorang supir juga
  “angkot siapa jon,yaudeh sini gue yang bawa”
  “nih angkot gue aje, gue mau kebekasi dulu man ada urusan”
  “yaudah lo balik jam berape jon ?”
  “udeh nanti kalo duit setoran ama kelebihan lo udeh dapet langsung kandangin aje mobilnye lebihnye lo ambil aje semua, storanye baru lo kasih gue”
  “sip ,makasih nih jon”
  “sama sama man”
       beruntung sekali ku punya sahabat seperti dia,kalau bukan karna dia mungkin aku takkan bisa membawa mobil ini dan mungkin menjadi gelandangan karna tak memiliki tempat tinggal lagi. Andai saja ayah tidak di PHK dari kantornya  dan tidak suka bertaruh mungkin dia tidak akan menjual rumah kami untuk melunasi hutang-hutangnya karna kalah bertaruh itu,dan mungkin semua akan baik baik saja sampai sekarang, Ibu tidak akan pergi dan mencari suami baru, kami akan tinggal mapan ,aku tak perlu kewalahan di akhir bulan untuk membayar kosan karna penghasilan ayah sebagai tukang ojek tidak seberapa dari pada hasil narik angkotku.

***
       Matahari sudah sampai di titik akhirnya, dan Alhamdulullah aku mendapatkan rejeki yang lumayan banyak hari ini , sehingga rasa lelahku terbayar sudah , dan segera aku memarkirkan mobil yang biasa jono bawa ini kepada tempat parkirnya semula lalu membeli makanan untuk aku ayah dan adiku makan malam ini.
kudapati adiku sedang duduk didepan kosan yang kami tempati ini sambil menyeruput teh manis, dan tak lama melihatku dan bertanya.
  “kak hilman sudah pulang ?”
  “iya sin, ayah sudah pulang belum ?”
  “sudah dari jam 4 kok kak,dan langsung tidur”
  “oh, ayo masuk kita makan bersama kakak bawa makanan nih”
  “iya kak”
      aku dan adiku masuk lalu membangunkan ayah untuk makan bersama , jarang sekali kurasakan suasana seperti ini, biasanya hanya aku dan adiku yang makan bersama jarang sekali ada ayah karna ayah selalu pulang larut malam. Dan kini Ayah lah satu satunya orangtuaku yang harus selalu kujaga seperti ia menjaga ku dan adiku yang ditinggal pergi oleh perempuan yang takkan pernah aku ingat lagi sebagai orang yang melahirkan ku itu..




 Jakarta 20 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar