Rabu, 14 Januari 2015

Beberapa Saat Sebelum Pertandingan Sepak Bola

Beberapa saat Sebelum Pertandingan Sepak Bola


Malam itu tepat pukul satu dinihari, waktu di mana biasanya dua pasang mata telah beristirahat dan direbahkannya badan pada kasur-kasur yang empuk. Tetapi malam ini sungguh berbeda dari malam-malam biasanya, karena terdapat sebuah pertandingan besar antara Timnas Spanyol dan Timnas Belanda, pertandingan itu akan menentukan siapakah penguasa sepak bola dimuka bumi –final piala dunia. Pada sebuah kampung dibilangan Jakarta pusat banyak sekali orang-orang berkumpul untuk menyaksikan pertandingan sepak bola, mereka tertuju pada suatu tempat di mana tempat itu menyediakan layar yang cukup besar untuk diadakannya nonton bersama.

Ya, tempat itu adalah balai warga, tempat yang biasa dijadikan warga kampung kartini untuk menyelenggarakan acara-acara baik acara sosial, lomba, maupun acara nonton bersama ini.
Tidak hanya orang-orang tua yang antusias dengan acara nonton bersama itu, anak-anak mudanya pun begitu antusias. Beberapa dari mereka berkumpul terlebih dahulu disebuah warung kopi dekat balai warga untuk menghabiskan waktu sembari menunggu pertandingan dimulai. Ya pemuda itu ialah Dodit, Angga dan Wahyu.

          “Hai Dit, lo kok pake baju Indonesia sih? Emang Indonesia main di piala dunia. Kaya gue dong pake baju Belanda Hehe” seru Angga.
“Tau lo Dit, gue aje pake baju Belanda nih. Tuh mas Joko aja pake baju Spanyol” Tambah Wahyu sembari menunjuk kepada penjaga warung kopi.
“Ah lo berdua, kaya orang bener, kompeni lo dukung inget bro mereka udeh ngejajah Indonesia tigaratuslimapuluh tahun. Masih aje lo dukung” jawab Dodit. “Mas Joko kopi item dong satu.” 
“Iya Mas Dodit” jawab Mas Joko.
“Saya juga mas” seru Wahyu. “lo ga mesen ape-ape Ngga? Biar sekalian” tambah Wahyu.
“Engga Yu kan gue udeh beli rokok nih, oia trus lo dukung Spanyol Dit, tapi kenapa lo pake baju Indonesia?” Tanya Angga.

“Dengan gue ngomong gitu bukan berarti gue ngedukung Spanyol, gue mah dukung Indonesia, sama Persija udeh” jawab Dodit sembari menyalakan rokoknya.
“Yee, kita juga sama kaya elo Dit, dukung Indonesia sama Persija juga. Tapikan yang sekarang lagi main itu Belanda sama Spanyol bukan Indonesia lawan Persija, benerkan mas Joko?” jawab Wahyu.
“Iya Mas Wahyu, bener tuh Mas Dodit” jawab Mas Joko.
“Iya Dit, lagipula kan mereka udah engga ngejajah lagi. Dunia udah damai juga dan Indonesia udah merdeka juga” tambah Angga.
“Tapi bukan berarti kita harus ngelupain sejarah bro, mereka penjajah mereka keji” jawab Dodit.
“Ya lo juga kan kewarkop ini buat nobar juga kan, ah sok-sokan jadi Bung Karno loh hahaha” Seru Angga sembari tertawa.

“Ah gue tau nih, lo kan pecinta Madrid terus pasti dukung Spanyol tapi karena gapunya baju Spanyol aja lo jadi begini. Sok-sokan ngomongin jangan lupa sejarah, huuu” tambah Wahyu.
“Iyedeh terserah lo pada, emang gue dukung Spanyol tapi yang gue omongin tadi tuh beneran bro, gue abis baca pamflet ditengah jalan pasar baru ada tulisan jas merah, artinye jangan sekali-kali melupakan sejarah. Itu tuh ilham gue kenape gue bisa ngomong tadi” jawab Dodit.
“Yah kita juga ga bakal lupa lah udah dijajah sama Belanda, tapikan kaya yang gue omongin barusan. Ini tuh udah lewat masa penjajahan, jadi gapapa lah kita kalo ngedukung Belanda” seru Angga.
“Ini Mas kopi hitamnya” seru Mas Joko sembari meletakan dua gelas kopi pada meja warkop.
“Iya Dit, udahlah masa lalu biarin aja berlalu kita juga kan udah engga berurusan lagi sama Negara Belanda, udah damai kita” tambah Wahyu.

“Nah tuh dia kesalahan lo pada, lo cuma ngeliat sekarang aja, lo juga harus pelajarin sejarah bro, gue juga lagi mau belajar nih, mau baca-baca buku diperpustakaan sekolah gue tentang sejarah-sejarah.”
“Ah elo Dit, udeh sekarang kan kita mau nonton bola kenape bahas sejarah dah” keluh Angga.
“Tuh lo mah gitu Ngga, gue ajak ngomongin yang bener engga mau suseh dah emang.”
“Bukannye gitu Dit, kite kan emang begini baru lulus SMK mau kuliah engga kuat sama bayarannye. Jadi susah buat mikirin begitu-begitu apelagi Nyokap udeh nyuruh kita pada kerja nyari duit” tegas Wahyu.

“Iye juga sih, tapi gue lagi mau belajar aje gara-gara liat pamflet tadi tuh. Gue jadi kepengen kuliah jurusan sejarah bro, Enyak gue sih udeh bilang Encang gue mau bayarin gue kuliah tapi gue bingung soalnye masuk kuliah kan engga kaya masuk apotik yang tinggal masuk aje.” Seru Dodit sembari menyeruput kopi hitamnya.
“Bener sih ape kate lo, gue juga sama Wahyu juga pengen kuliah, belajar lagi tapi ya masalahnye lo tau kan, kalo orang tua kite kaya orang tuanye Indra yang mampu sih gampang-gampang aje, ye gak Yu?”

“Iya bener Dit kata si Angga tuh, nah lo tanya Indra aja cara masuk kuliah gimana? Yegak ntar lo yang ajarin kita-kita deh. Bener kan Ngga?”
“Nah gue setuju tuh sama Wahyu, lah itu dia tuh si Indra. Woi Ndra kemari lah ada yang mau gue tanyain nih” seru Angga sembari memanggil Indra.

Lalu Indra pun datang meghampiri ketiga remaja itu dan duduk .
“Eh ada lo pada, engga pada ke balai warga lo?” Tanya Indra.
“Ini kita ngopi-ngopi dulu Ndra, lagian masih satu jam lagi kick off”  jawab Wahyu.
“Iya juga sih, yaudah Mas Joko saya pesan susu hangat ya. Oia memang kalian mau nanya apaan nih sama gue” seru Indra.
“Gini Ndra, si Dodit kan mau kuliah tuh dia mau nanya sama lo gimana caranya? Yakan Dit” seru Angga.
“Oh gitu, gampang Dit tinggal daftar online aja dulu. Ntar gue kasih tau deh websitenya” jawab Indra.
“Nah tuh Dit Tanya-tanya aja sama si Indra nih kalo lo engga tau ini itunya” tambah Wahyu.
“Iya Dit sms gue aja, emang lo mau kuliah apaan Dit gue kira lo mau langsung kerja lo kan pada lulusan SMK.” 
“Si Dodit lagi kesurupan sejarah Ndra hehe, dia katanya mau ngambil jurusan sejarah gue-gue orang aje pake diomelin nih ntar nonton dukung Belanda trus pake baju Belanda disangka gue dukung penjajah hehe yakan Mas Joko” seru Angga sembari tertawa.
“Hehe iya kali Mas, oia ini mas Indra susu hangatnya” seru Mas Joko sembari meletakan gelas berisi susu hangat di meja warkop.

“Ah sial lo Ngga, gue kan ngomong bener”
“Loh kenapa emang Dit? Tumben lo ngomong gitu” Tanya Indra.
“Iye Ndra, lo kan mahasiswa nih ya walaupun jurusan lo bahasa pasti ngerti lah dikit-dikit tentang sejarah Indonesia, ya pasti baca-baca buku lah yekan?” Tanya Dodit.
“Iya-iya, tapi gue mau nanya dulu nih kenapa lo bisa bilang gitu ke Angga sama Wahyu?”
“Oh, gue abis liat pamflet Ndra di pasar baru, tulisannye JasMerah artinye jangan sekali-kali melupakan sejarah. Ya karena gue inget sejarah bangsa gue yang dulu dijajah Belanda gue omelin aje dua orang ini nih” jawab Dodit sembari melirik Angga dan Wahyu.

“Oh gitu, gue salut nih sama lo Dit, biasanya orang-orang kebanyakan pada engga peduli sama pamflet-pamflet kaya begitu, biasanya orang kebanyakan tuh cuma baca tulisan-tulisan yang dia suka aja kaya semacam acara band, trus bazaar-bazar, promo-promo, jarang banget ada yang inget tulisan yang menurut gue lebih bermanfaat” seru Indra.
“Iye Ndra tau nih gue suka aje sama kata-katanye, trus bikin gue kepikiran kalo gue harus belajar sejarah lagipula kan Engkong gue juga dulu ikut perang lawan penjajah, mungkin masih ngalir kali ye darah nasionalis di tubuh gue? Hehe” jawab Dodit.

“Darah nasionalis sih darah nasionalis, tapi jangan bilang gue sama Wahyu pendukung penjajah dong, gue juga cinta nih tanah air, yakan Yu” seru Angga “Iya Ngga, bener tuh lagian penjajah kan udeh engga ada ya Ndra dunia udah aman sentosa” tambah Wahyu sembari menyeruput kopinya.
“Hehe, udah-udah, kalian engga ada yang salah Dodit benar ketika bicara jangan melupakan sejarah lalu kalian berdua juga benar, dengan mendukung Timnas Belanda bukan berarti mendukung penjajah” 
“Tuhkan bener kata gue Dit, gue sama Wahyu engga mendukung penjajah kok” sela Angga
“Begini kawan-kawan, gue abis baca buku tentang Tan Malaka. Kalian ada yang tau Tan Malaka itu siapa?” Tanya Indra.
“Siapa tuh Ndra? Engga tau gue, lo pada tau Ngga, Dit?” Tanya Wahyu lalu Dodit dan Angga pun menggelengkan kepala.

“Gue gaakan nyeritain tentang siapa itu Tan Malaka, karena bisa sampe siang nih kalau gue certain dia, bisa-bisa kita engga jadi nobar. Yang jelas dia itu sosok pahlawan Indonesia yang sengaja dihapus sejarahnya kalo lo mau tau lebih lengkap entar gue pinjemin bukunya.” 
“Lah kok pahlawan bangsa diperlakuin gitu Ndra?” Tanya Dodit.
“Kan tadi barusan gue bilang, kalau gue ceritain bisa sampai siang kita di warkop. Intinya itu tadi deh Tan Malaka itu sengaja dihapus sejarahnya sama bangsa kita karena kepentingan pihak yang berkuasa, nah buku yang gue baca tadi itu penulisnya seorang yang berkewarganegaraan Belanda, namanya Harry  Poeze dia menulis tentang siapa itu Tan Malaka, seberapa pentingnya Tan Malaka dan mengkritik kenapa selama ini nama Tan Malaka sudah dicoret dari buku pelajaran sejarah, dia bilang begini. Banyak fakta yang harus dipahami, pertama Tan Malaka seorang Nasionalis dengan pemikiran tinggi. Kedua, Tan Malaka sangat berperan dalam mendirikan Republik Indonesia yang sejahtera.”

“Wah berarti dia orang hebat Ndra” seru Wahyu “Iya Yu, dia orang penting juga tuh buat Bangsa kita” tambah Angga.
“Iya tentu, bahkan Harry Poeze bicara begini. Setuju atau tidak setuju harus diakui bahwa Tan Malaka memiliki peran penting dalam mendirikan RI, tetapi sejarah tidak menyebutnya. Ini tidak cocok dengan realitas sejarah. Dan itu sebabnya omongan Dodit itu benar dengan mengatakan jangan sekali-kali melupakan sejarah yang salah itu ketika Dodit melarang kalian mendukung tim Belanda dan bicara pada kalian bahwa kalian pendukung belanda”
“Tuhkan Dit, lo salah tuh ngomong gitu yakan Ngga” seru Wahyu.
“Udah Yu, dengerin dulu nih kata Indra orang ngomong bentar asal potong aje” jawab Dodit “Iya Yu denger dulu lo” tambah Angga.
“Udah-udah kenapa kalian yang pada jadi ribut. Intinya tuh begini, seorang warga asli kelahiran Belanda aja udah bicara begitu, dia rela jauh-jauh datang ke Indonesia untuk hal yang mulia. Karena dia berpikir dosa masa silam negaranya, memang belanda itu penjajah tetapi itu dulu, sebenarnya banyak juga orang-orang Belanda yang datang mengajarkan kita segala aspek, dari pendidikan bahkan sampai ketatanegaraan. Bahkan orang-orang hebat dan pendiri bangsa kita juga banyak kok yang belajar di Belanda. Tapi gimana sikap orang-orang Indonesianya sendiri, mereka malah melupakan pahlawannya sendiri dan engga ada yang peduli. Kita sebagai orang Indonesia seharusnya malu sama dia yang notabennya seorang warga Negara asing, warga Negara yang dahulu kita benci karena telah menjajah Negara kita. Tapi sekarang yang lebih mulia itu kita yang warga asli Indonesia atau dia yang masih keturunan Belanda” 
“Lebih mulia Die Ndra, die udah mau jauh-jauh dateng kemari cuma ngelurusin sejarah bangsa kita yang udah engga bener lagi, pantes aja ye ada pamflet tulisan kaya begitu, yekan bro” seru Dodit sembari melihat kepada Angga dan Wahyu. “Iye Dit, pantesan ye” tambah Angga.
“Nah tuh lo paham kan Dit, oia sekarang udah jam berapa nih Tanya Indra? Ayolah kita ke balai warga” Tanya Indra.
“Iya Mas, aku juga udah mau bangunin si mbok ini biar gantian jagain warkopnya aku mau ke balai warga juga hehe” seru Mas Joko.
“Wah iya juga nih, oia Mas ini gue bayar kopi hitamnya dua nih sama punya Dodit juga, ayo kita jalan” seru Wahyu.
“Iye-iye, oia Mas ini bayar susunya Indra nih. Udeh Ndra lo kan udeh ngasih kite sedikit ilmu nih jadi biar gue yang bayar, sama besok gue pinjem ye tuh buku sama sekalian lo kasih tau gue cara masuk kuliah”
“Alah, udah kaya sama siapa aja Dit. Thanks ya, iya sms aja gue di rumah kok. Ayo kita jalan, ayo Mas Joko, maturnuwun ya” seru Indra.
“Iya Mas nanti aku nyusul kok” 

Lalu keempat remaja itu pergi meninggalkan warkop menuju balai warga di mana terdapat banyak orang yang berkumpul untuk menyaksikan perdandingan final tersebut.


Desember, 2014
D.A


Tidak ada komentar:

Posting Komentar